18 December

15 RANPERDA SIAP DIBAHAS TAHUN 2016 Featured

15 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yakni 7 inisiasi DPRD dan inisiasi Pemerintah Kota Ternate yang lolos dalam Program Legislasi Daerah (Prolegda) akan dibahas pada tahun 2016.

Ketua Badan Legislasi (Banleg) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate, Mohdar Bailussy mengungkapkan pada kamis 17 desember kemarin bahwa, 8 Ranperda inisiasi pemerintah yaitu, Ranperda Perubahan Perda no 09 Tahun 2001 tentang Bangunan, Ranperda Perubahan Atas Peraturan Nomor 08 Tahun 2010 tentang Retribusi Izin Mendirikan Bangunan, Ranperda Perubahan Atas Peraturan Nomor 07 Tahun 2014 Tentang Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Ranperda Tentang Penataan Ruang Terbuka Hijau, Ranperda Masterplan Kota Ternate Tahun 2016-2020, Ranperda Tentang Rencana Induk Pariwisata Daerah, Ranperda Tentang Pengelolaan Dana Bergulir dan terakhir Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menegah Daerah Kota Ternate Tahun 2016-2021.

Mohdar melanjutkan, sementara 7 Ranperda yang diinisiasi oleh DPRD diantaranya Ranperda Tentang Perlindungan Konsumen, Ranperda Tentang Pengawasan Pengendalian Minuman Beralkohol, Ranperda Tentang Penyertaan Modal di PT Holding Company, RAnperda Tentang Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan Pemukiman Kumuh, Ranperda Tentang Penanggulangan Narkoba, Ranperda Tentang Pedoman Pembentukan Produk Hukum Daerah, dan Terakhir Ranperda Tentang Pengarusutamaan Gender. “Kami akan fokus apa yang menjadi inisiatif dari DPRD,” Katanya.

Mohdar mengharapkan, dari Ranperda yang akan dibahas ditahun 2016 nantinya tak akan ada lagi tejadi kasus plagiat terhadap perda dari daerah lain. “Kita harapkan tak ada lagi Ranperda copy paste seperti yang terjadi kemarin, jika dijadikan rujukan itu boleh saja asalkan jangan copy secara keseluruhan dan alangkah baiknya jika Ranperda itu merupakan pemikiran murni dari anggota dewan,”. (Tim Humas)

Read 1159 times
Login to post comments